Tips

6 Cara Cas Motor Listrik Praktis dan Aman

Masih banyak yang belum memahami cara yang benar dalam mengecas baterai atau sepeda motor listrik

6 Cara Cas Motor Listrik Praktis dan Aman

Masih banyak yang belum memahami cara yang benar dalam mengecas baterai atau sepeda motor listrik

MAJALAH OTOMOTIF – Semakin banyak pengguna kendaraan yang beralih ke sepeda motor listrik.

Namun karena termasuk hal yang baru bagi sebagian masyarakat, masih banyak yang belum memahami cara yang benar dalam mengecas baterai atau sepeda motor listrik.

Penggunaan sepeda motor listrik yang sering kali memerlukan pengecasan baterai, memerlukan perhatian khusus agar baterai tetap aman dan tahan lama.

Berikut adalah cara pengecasan yang aman untuk sepeda motor listrik.

  1. Gunakan charger yang sesuai: Pilihlah charger yang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor listrik. Charger yang salah atau dengan spesifikasi yang tidak sesuai dapat merusak baterai dan memperpendek umur pakai baterai. Pastikan juga kecocokan antara spesifikasi charger dengan kapasitas baterai. Anda bisa mendapatkan suku cadang United.
  2. Hindari pengecasan berlebihan: Hindari pengecasan baterai yang berlebihan, karena hal ini dapat memperpendek umur pakai baterai. Biasakan untuk mematikan pengisian daya baterai sesaat mencapai level 100%.
  3. Perhatikan lingkungan pengecasan: Pastikan lingkungan pengecasan baterai aman dari panas, kelembaban, dan paparan sinar matahari langsung. Pengecasan baterai yang dilakukan di lingkungan yang tidak stabil dapat memperpendek umur pakai baterai.
    Lakukan pengecasan baterai di ruang dan suhu udara yang aman
  4. Gunakan sumber listrik yang stabil: Pastikan sumber listrik yang digunakan untuk pengecasan baterai stabil. Pengecasan yang dilakukan dengan sumber listrik yang tidak stabil dapat memperpendek umur pakai baterai. Gunakan stabilizer atau perangkat pengontrol voltase untuk menjaga tegangan listrik yang stabil.
  5. Perhatikan suhu baterai: Jangan biarkan baterai terlalu panas saat pengecasan. Suhu baterai yang terlalu panas dapat merusak sel baterai dan memperpendek umur pakai baterai. Jangan juga biarkan baterai terlalu dingin saat pengecasan karena dapat memperpendek umur pakai baterai. Idealnya, suhu baterai saat pengecasan adalah antara 15-25 derajat Celsius.
  6. Lebih kontrol jika meninggalkan sepeda motor listrik saat dicharge: Hindari meninggalkan sepeda motor listrik saat sedang dicharge terlalu lama, hal ini dapat memperpendek umur pakai baterai. Jangan juga meninggalkan baterai terlalu lama di charger setelah baterai terisi penuh. Biasakan untuk mencabut charger sesaat setelah baterai terisi 100%.

Show More
Back to top button