MotoGP

Ducati dan KTM Catatkan Top Speed Lebih dari 350 Km/jam

Sirkuit Lusail Qatar dengan lintasan lurus sepanjang 1,068 km juga selalu mencatatkan rekor top speed absolut

Ducati dan KTM Catatkan Top Speed Lebih dari 350 Km/jam

MAJALAH OTOMOTIF – Fakta bahwa Sirkuit Lusail Qatar dengan lintasan lurus sepanjang 1,068 km juga selalu mencatatkan rekor top speed absolut. Misalnya pada tahun 2021, ketika Johann Zarco (masih di Pramac Ducati) dalam latihan bebas mencapai 362,4 km/jam.

Pada GP Qatar 2023, angka 360 km/jam tidak turun. Hal ini juga disebabkan karena titik ukur kecepatan maksimum di lintasan start-finish lurus telah tergeser sekitar 30 meter.

Nilai puncak dari balapan akhir pekan pada November lalu adalah 356,4 km/jam (Enea Bastianini, Marco Bezzecchi dan Zarco masing-masing dengan Ducati).

Pekan lalu, pada tes pramusim terakhir sebelum dimulainya MotoGP musim 2024, Bastianini juga mencapai top speed 355,2 km/jam di Lusail. Brad Binder mencatatkan kecepatan maksimum 351,7 km/jam.

Dalam hal rata-rata dari lima nilai tercepat, pembalap asal Afrika Selatan itu berada di posisi teratas dengan 348,1 km/jam.

Daftar top speed dengan dua pembalap Yamaha yang masuk 10 besar, mendukung pernyataan Fabio Quartararo bahwa mesin baru merupakan peningkatan nyata dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun paket aero M1 juga jauh lebih ramping dibandingkan kompetitor.

Berbeda sekali dengan Aprilia RS-GP yang hanya menempati posisi terbawah dalam daftar top speed.

Namun pabrikan asal Noale-Italia itu belum mau membawa tahap pengembangan akhir mesinnya ke trek hingga dimulainya Kejuaraan Dunia.

Seperti semua pabrikan dari grup Konsesi A hingga C, Aprilia harus melakukan homologasi spesifikasi mesin sebelum awal musim, namun ini hanya pembaruan kecil seperti yang terdengar di Qatar.

Hanya Yamaha dan Honda yang diizinkan mengembangkan mesin mereka lebih jauh sepanjang musim berkat konsesi yang baru.

Show More

Berita terkait

Back to top button