Motor

Honda Scoopy Baru Gak Kuat Nanjak, Ternyata Gara-gara Ini!

MAJALAH OTOMOTIF – Sepeda motor matic Honda Scoopy memiliki corak cat yang unik. Hal tersebut juga didukung dengan spesifikasi mesin sepeda motor matic Honda Scoopy.

Mesin dengan teknologi starter ESP, PGM-FI dan ACG merupakan inovasi hebat dari sepeda motor matic Honda Scoopy.

Honda Scoopy terbaru mampu memberikan tenaga yang besar dengan kapasitas mesin 108,2 cc (110 cc), torsi maksimal 9,3 Nm / 5.500 rpm, dan tenaga maksimal 9 HP / 7.500 rpm.

1. Tenaga dan torsi maksimum bukanlah kriteria tenaga saat berkendara menanjak

Sepeda motor matic Honda Scoopy versi terbaru ini memiliki beberapa kendala yang mengemuka karena dirasa traksinya kurang baik di tanjakan. Masih ada perdebatan mengenai ketidakmampuan mesin Scoopy menanjak.

Berdasarkan data torsi dan tenaga maksimum mesin sepeda motor matic Scoopy baru, nilai pastinya dapat dilihat pada hasil pengujian mesin Scoopy 2023.

Namun hasil tenaga dan torsi maksimalnya nampaknya sudah teruji dengan pergantian ban di jalanan tanpa tanjakan dan tikungan.

Oleh karena itu, nilai daya maksimum dan torsi maksimum tidak dapat dijadikan patokan dalam menghitung kinerja pendakian.

2. Alasan Scoopy tidak kuat menanjak adalah perpindahan dan kapasitas muatannya

Berat sepeda motor matic, berat pengendara, berat penumpang, dan berat bagasi juga mempengaruhi kemampuan sepeda motor matic dalam melewati tanjakan.

Berat badan sepeda motor matic, pengemudi dan penumpang terkena dampaknya.

Selain itu, kemiringan tanjakan akan mempengaruhi kemampuan sepeda motor matic dalam melewati tanjakan. Kode ban Honda Scoopy adalah 100/90-59 dan mampu membawa beban maksimal 243kg.

Beban ini ditentukan oleh kode numerik setelah strip, yaitu 59, dimana kode ini mendefinisikan indeks beban mesin atau batas beban mesin.

Selain itu, perpindahan sebesar 108,9 cm3 juga dapat menjadi alasan jika kemiringan ekstrim harus diatasi.

Namun tidak ada keraguan bahwa sepeda motor matic Scoopy baru ini cukup kuat untuk menanjak, meski tidak secepat itu.

Menggabungkan jalan zigzag akan meningkatkan traksi dan memberikan momen pendakian yang lebih optimal.

3, Mencegah sepeda motor matic Scoopy baru menjadi tidak kuat menanjak

Sepeda motor matic New Honda Scoopy 2023 memiliki muatan maksimal 243 kg. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk melebihi beban ini demi menjaga kondisi mesin tetap optimal meski di tanjakan.

Dipadukan dengan mesin 108,9cc, sepeda motor matic ini punya tenaga yang cukup untuk melintasi tanjakan dengan kecepatan normal.

Jadi jika Anda mempunyai masalah dengan sepeda motor matic Scoopy baru Anda yang tidak cukup kuat untuk didaki, biasanya itu karena bebannya.

Perpindahan sepeda motor matic Scoopy adalah 108,9cc, sehingga kemiringan lerengnya perlu disesuaikan. Ketika melintasi suatu lereng, engkau harus berjalan zig-zag agar tetap dapat berpijak.

Selain itu, bebannya juga harus diperhatikan karena kekuatannya hanya berkisar 200kg. Jangan lewatkan penggantian oli, karena fungsi pembakaran harus dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang cukup.

Jadi memang benar mesin sepeda motor matic Scoopy baru kurang bertenaga untuk menanjak karena beban dan tenaga mesin.

Alasan lainnya adalah perpindahan mesin 108 CC yang kecil sehingga membutuhkan kombinasi gerakan zigzag saat menanjak.

Hal ini untuk meningkatkan traksi (daya cengkraman) dan mencegah tergelincir. Selain itu, tindakan pencegahan lain yang harus dilakukan adalah memastikan perawatan rutin dan penggantian oli.

Show More

Berita terkait

Back to top button