Motor

Ini Perbedaan Sistem Pengereman ABS dan CBS Pada Motor Matic Honda

Terdapat perbedaan signifikan dalam cara kerja dan aplikasinya

Ini Perbedaan Sistem Pengereman ABS dan CBS Pada Motor Matic Honda

Honda telah menghadirkan dua teknologi pengereman yang cukup populer, yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Combined Braking System (CBS)

MAJALAH OTOMOTIF – Sistem pengereman adalah salah satu aspek penting dalam keselamatan berkendara, terutama pada sepeda motor.

Di Indonesia, Honda telah menghadirkan dua teknologi pengereman yang cukup populer, yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Combined Braking System (CBS).

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan keselamatan pengendara, namun terdapat perbedaan signifikan dalam cara kerja dan aplikasinya.

Berikut ini adalah perbedaan antara ABS dan CBS pada motor Honda di Indonesia, simak selengkapnya dibawah ini!

Perbedaan Rem ABS dan CBS Di Motor Honda

1. Anti-lock Braking System (ABS)

ABS adalah sistem pengereman canggih yang dirancang untuk mencegah roda kendaraan mengunci selama pengereman mendadak atau saat kondisi jalan licin.

Ketika sensor ABS mendeteksi roda mengunci, sistem akan secara otomatis mengurangi tekanan pengereman secara singkat untuk mengizinkan roda berputar kembali.

Hal ini membantu pengendara tetap mempertahankan kendali dan mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh.

Keuntungan ABS

  • Mencegah roda mengunci dan mempertahankan kontrol kendaraan.
  • Memperpendek jarak pengereman dan meningkatkan stabilitas.
  • Meningkatkan keamanan pengendara, terutama saat pengereman di jalan basah atau licin.

2. Combined Braking System (CBS)

CBS adalah sistem pengereman yang menghubungkan rem depan dan belakang secara otomatis saat tuas rem belakang diaktifkan.

Saat tuas rem belakang ditekan, sistem akan mendistribusikan gaya pengereman secara proporsional antara roda depan dan belakang.

Hal ini membantu mengurangi risiko terjatuh saat pengereman tiba-tiba, terutama bagi pengendara yang kurang terampil atau kurang terbiasa menggunakan rem depan.

Keuntungan Rem CBS

  • Membantu mengurangi risiko terjatuh saat pengereman tiba-tiba.
  • Meningkatkan stabilitas kendaraan dengan mendistribusikan gaya pengereman secara merata.
  • Mengoptimalkan pengereman dan mengurangi jarak pengereman.

Meskipun terdapat perbedaan dalam cara kerja dan aplikasinya, baik ABS maupun CBS memiliki peran yang penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara.

Pengendara dapat memilih sistem pengereman yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, namun yang terpenting adalah selalu mengutamakan keselamatan dan kewaspadaan saat berkendara di jalan raya.

Show More

Berita terkait

Back to top button