Formula 1

Kenapa Posisi Start Balapan Mobil Tidak Sejajar

Kenapa Posisi Start Balapan Mobil Tidak Sejajar

Starting Grid adalah posisi mulai dalam sebuah balapan dimana mobil (atau motor) berada dalam posisi diam sesuai dengan peringkat yang diperoleh.

DEPOKPOSStarting Grid, bentuknya seperti barisan yang terletak mulai dari belakang garis finish. Jadi, mobil yang start paling depan, dapat banyak keuntungan dong? Iya. Lantas bagaimana sistem penentuan grid start?

Pada akhir pekan balapan, sesi kualifikasi diadakan di hari Sabtu, setelah melalui tiga kali sesi latihan bebas. Kualifikasi, dibagi lagi menjadi 3 sesi; Kualifikasi 1 (18 menit), kualifikasi 2 (15 menit), dan kualifikasi 3 (12 menit).

— Setelah kualifikasi pertama (Q1); lima pembalap dengan waktu lap paling lambat akan tersingkir dari kualifikasi, dan ditempatkan dari urutan ke-20 (paling lambat) ke urutan ke-16.

— Setelah kualifikasi kedua (Q2); lima pembalap berikutnya dengan waktu putaran paling lambat, mendapat posisi mulai dari 15 ke 11.

— Sesi kualifikasi terakhir (Q3); memperebutkan posisi pole (posisi terdepan berdasarkan catatan waktu yang paling cepat), dengan sisa 10 pembalap yang bersaing untuk posisi teratas.

Para pembalap memiliki banyak peluang untuk mencetak waktu tercepat dalam batasan waktu. Pembalap dapat memasuki trek kapan pun mereka mau dari garasi mereka, dan dapat masuk kembali ke garasi sesuai kebutuhan. Ada juga track limit (batas lintasan) dan peraturan balapan yang harus dipatuhi jika tidak ingin catatan waktunya dihapus atau bahkan mendapat penalti dari race stewards. Jika terhapus, pembalap harus mengulang lap lagi.

Jika seorang pembalap mengalami kecelakaan saat kualifikasi, dan dia menetapkan waktu putaran sebelum kecelakaan, maka dia diposisikan berdasarkan waktu tersebut. namun, jika mereka crash dan perlu melakukan perubahan mekanis menjelang balapan, maka akan dikenakan penalti grid, dan akan kehilangan tempat.

Dengan sistem kualifikasi inilah peringkat starting grid didapatkan. Juga tim dapat mengatur strategi mereka saat tahu dari posisi mana pembalapnya start. Selain start dari depan, keunggulan juga didapatkan oleh tim yang kedua pembalapnya berada di posisi yang berdampingan.

Meutia Rafa Anandita, Film dan Televisi, Institut Seni Indonesia Surakarta.

Show More

Berita terkait

Back to top button