Motor

MotoE Jadi Motor Elektrik Pertama Ducati

MotoE Jadi Motor Elektrik Pertama Ducati

Gresini Racing  jadi tim pertama yang meluncurkan skuad MotoE menjelang musim 2023. Alhasil, mereka pula tim yang berkesempatan memamerkan motor elektrik Ducati, V21L, ke publik untuk pertama kalinya.

Presentasi tim Felo Gresini digelar di Cervia, Italia, pada Sabtu (21/1/2023). Tak hanya dihadiri oleh CEO sekaligus Team Principal Gresini Racing, Nadia Padovani, acara ini juga dihadiri General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna. Ia pun mengaku bangga atas proyek ini.

Sebelumnya, Energica diketahui sebagai suplier motor MotoE, tepatnya pada periode 2019-2022. Namun, mereka memutuskan untuk tak memperbarui kontrak dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP, dan peran mereka diambil alih oleh Ducati mulai 2023.

V21L merupakan motor elektrik perdana yang pernah dirakit oleh Ducati dalam sejarah perusahaan mereka. Dall’Igna pun menyatakan bahwa ini adalah langkah perdana bagi Ducati sebelum bersiap memproduksi motor elektrik secara massal. Menurutnya, inilah filosofi kerja Ducati.

“Ini adalah langkah pertama Ducati di arena elektrik. Ducati memutuskan untuk mengambil langkah ini berdasarkan gaya Ducati, yakni memulainya dengan balapan dan mengembangkan teknologinya sebelum merakit motor untuk jalanan,” ujar eks Direktur Teknis Aprilia Racing ini.

“Kami senang atas umpan balik dari para test rider (Michele Pirro dan Alex de Angelis) selama setahun belakangan. Kini kami penasaran pada umpan balik dari para pembalap dari tes pertama. Kami sangat bangga pada motor ini, karena catatan waktu dan segalanya tampak sangat baik saat ini,” lanjutnya.

Ducati akan menyuplai motor kepada total 18 pembalap peserta di MotoE, yang terbagi menjadi 9 tim, termasuk Felo Gresini, yang kembali menaungi juara dunia 2019, Matteo Ferrari, dan Alessio Finello. Motor V21L akan dipakai tampil dalam 8 seri dan total 16 balapan sepanjang 2023.

“Insinyur biasanya tak bisa mulai dari kertas kosong, tapi dalam kasus ini kami harus. Kunci penting pada motor, seperti distribusi beban penyaluran tenaga, jelas berbeda untuk motor elektrik. Jadi, kami harus banyak berpikir sebelum mendesain motor. Ducati punya beberapa ide baru. Ini hanya permulaan,” tutupnya.

Tes pramusim MotoE 2023 akan digelar dua kali, sama-sama di Spanyol. Yang pertama di Sirkuit Jerez pada 6-8 Maret 2023, dan yang kedua di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 3-5 April 2023. Musim 2023 akan terdiri dari 8 seri dan 16 balapan, dimulai di Le Mans, Prancis, 12-14 Mei 2023.

Show More

Berita terkait

Back to top button