Otomotif

Profil Fermin Aldeguer, Bocil 18 Tahun yang Dapat Kontrak Fantastis di MotoGP

Profil Fermin Aldeguer, Bocil 18 Tahun yang Dapat Kontrak Fantastis di MotoGP

Ditaksir Repsol Honda, Aprilia Racing, dan VR46 Racing Team, namun memilih Ducati

MotoGP – Pembalap Speed Up Racing Moto2, Fermin Aldeguer, resmi menandatangani kesepakatan dengan Ducati Corse untuk MotoGP 2025 dan 2026. Kontraknya pun tak tanggung-tanggung, yakni ‘2+2’, yang artinya berdurasi dua musim dengan opsi lanjutan untuk dua musim selanjutnya.

Aldeguer merupakan pembalap berusia 18 tahun asal Spanyol. Ia memulai karier balap profesionalnya di European Talent Cup pada 2018. Pada tahun kedua, ia sukses menduduki peringkat ketiga. Gebrakan lebih besar ia buat dengan menjuarai ajang CEV Stock 600 2020 dan CEV Moto2 2021.

Uniknya, ia menjalani debut di paddock MotoGP lewat ajang MotoE pada 2021 bersama Openbank Aspar Team, di mana ia menduduki peringkat 9. Pada tahun yang sama, ia menjalani debut Grand Prix di Moto2, usai diminta Speed Up untuk menggantikan Yari Montella sejak pertengahan musim.

Pada 2022, Aldeguer akhirnya dapat kontrak semusim penuh dari Speed Up. Walau mengakhiri musim di peringkat 15, Aldeguer kerap memberikan gebrakan-gebrakan performa, yang membuatnya dianggap sebagai calon juara dunia yang serius di Moto2 pada 2023.

Benar saja, pada 2023, Aldeguer makin meledak-ledak meraih 3 pole, 7 podium, dan 5 kemenangan. Ia bahkan mengakhiri musim di peringkat 3 klasemen pembalap. Performanya mentereng ini pun sempat membuatnya didekati oleh tiga tim MotoGP sekaligus, yakni Repsol Honda, Aprilia Racing, dan VR46 Racing Team.

Meski begitu, Aldeguer menunda kans naik kelas pada 2024, dan memilih menaati kontraknya dengan Speed Up, mengingat ada denda yang harus dibayarkan kepada Speed Up jika ia memutuskan kontrak lebih awal. Selain itu, Aldeguer juga merasa masih harus menggali pengalaman di kelas Moto2.

Namun, penundaan naik kelas ini juga memperlancar diskusi Aldeguer dengan Ducati soal kans kolaborasi di MotoGP pada 2025. Pada akhir Februari, Aldeguer dikabarkan bertemu dengan General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, di Bologna, Italia, pada Januari.

Kini, menjelang MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 22-24 Maret 2024, kedatangan Aldeguer ke kubu ‘Bologna Bullet’ akhirnya diresmikan. Uniknya, Ducati Corse belum membeberkan tim mana yang akan dibela oleh Aldeguer pada 2025 dan 2026.

Meski begitu, sudah diketahui bahwa Team Principal Prima Pramac Racing, Paolo Campinoti, dan sang Manajer Tim, Gino Borsoi, menyatakan 2024 kemungkinan besar adalah musim terakhir Jorge Martin membela skuad mereka. Aldeguer sendiri ada dalam daftar incaran Campinoti.

Show More

Berita terkait

Back to top button