Mobil

VW Kenalkan Combi Versi Listrik

Volkswagen (VW) akhirnya memperkenalkan ID. Buzz GTX

VW Kenalkan Combi Versi Listrik

ID. Buzz GTX dilengkapi dengan dua motor listrik

MAJALAH OTOMOTIF – Volkswagen (VW) akhirnya memperkenalkan ID. Buzz GTX, versi performa bertenaga listrik penerus mobil ikoniknya VW Kombi.

GTX adalah lencana saat ini yang menunjukkan versi sporty dari model VW listrik, diposisikan di antara mobil bensin GTI dan R dalam hal kinerja, dan telah diterapkan pada ID.3, ID.4, ID.5, juga ID.7.

Berdasarkan siaran pers di situs resmi VW, Kamis (21/3), ID. Buzz GTX dilengkapi dengan dua motor listrik, keduanya merupakan penggerak seluruh roda (All Wheel Drive/AWD). Kecepatan tertinggi model GTX dibatasi secara elektronik hingga 160 km/jam.

Motor listrik dipasok dengan energi oleh baterai dalam dua ukuran, yang diklaim dapat diisi ulang dari 10 hingga 80 persen dalam 26 menit di stasiun pengisian daya cepat DC hingga 185 kW atau 200 kW (kapasitas pengisian maksimum).

Mobil akan secara otomatis mengkondisikan suhu baterainya dalam perjalanan menuju stasiun pengisian daya – saat masuk ke sistem navigasi satelit – untuk memastikan waktu pengisian ulang yang optimal.

Sistem AWD disalurkan pada satu motor penggerak elektrik di masing-masing roda depan dan belakang, digabungkan untuk membentuk sistem penggerak semua roda 4MOTION yang dikontrol secara cerdas.

“Sistem 4MOTION menawarkan keuntungan traksi yang luar biasa saat menarik trailer di permukaan yang basah atau gembur. ID. Buzz GTX merupakan kendaraan penarik yang ideal, misalnya, untuk trailer perahu atau kuda, yang sering dipindahkan di tanah yang licin,”tulis VW.

Berkat tenaga ekstra dan sistem penggerak 4MOTION, ID. Buzz GTX menawarkan bobot trailer maksimum yang lebih tinggi. Pada versi dengan jarak sumbu roda normal dapat dengan mudah menarik hingga 1.800 kg (direm, kemiringan 8 persen), sedangkan ID. Buzz GTX dengan jarak sumbu roda yang panjang memiliki kapasitas penarik maksimum 1.600 kg. Dengan demikian, berat trailer maksimum masing-masing bertambah 800 kg dan 600 kg.

GTX terlihat menonjol di jalan dengan bumper depan yang unik termasuk gril honeycomb hitam dan lampu LED daytime-running berbentuk panah, trim eksterior hitam, dan velg 19 inci atau 21 inci dengan pilihan warna hitam atau hitam/perak dengan sentuhan akhir berlian.

Sementara interiornya, terdapat pelapis jok microfleece yang unik dengan jahitan merah, pipa dan branding GTX, ditambah sorotan merah pada roda kemudi, dan headliner hitam – dengan GTX sebagai satu-satunya identitas.

GTX mengadopsi sistem infotainment terbaru Volkswagen, berjalan pada layar 12,9 inci dengan prosesor yang lebih cepat, tata letak menu baru, dan asisten suara IDA yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pengetahuan umum.

Fitur keselamatan baru untuk GTX termasuk parkir jarak jauh yang dikendalikan dari aplikasi smartphone, asisten parkir yang diperbarui yang dapat mengingat manuver parkir, peringatan pintu keluar, dan sistem mengemudi semi-otonom yang telah direvisi yang dapat menyelesaikan perubahan jalur secara otomatis.

“Pra-penjualan ID. Buzz GTX akan dimulai pada musim panas.” ujar VW.

Show More

Berita terkait

Back to top button